Papua Merdeka News

Papua, Irian Jaya, Western New Guinea News Feeder

Telp:+675-78213007 (WA)
Email: tofreemalensia@gmail.com
Mail. Mail: 635 Vision City, NCD, POM,Papua New Guinea

Friday, 16 October 2020

Freddy Waromi di Port Vila: West Papua Pasti Akan Merdeka

 

Freddy Waromi, Pelaksana Harian Kantor ULMWP
Port Vila Vanuatu

Timika,AWIYEEPAPUA.com---Wakil Panglima Gerakan Liberal Bersatu untuk Papua 

Freddy Waromi, yang berbasis di Port Vila, Vanuatu, mengatakan kemerdekaan politik bagi masyarakat Papua Barat pasti akan terjadi, suatu hari nanti.

Dia membuat komentar tersebut setelah pidato Perdana Menteri Vanuatu untuk PBB tentang masalah Papua Barat dan seruan ke PBB untuk kemerdekaan politik bagi rakyat Papua Barat.

“Vanuatu adalah harapan kuat kami untuk mendukung kemerdekaan rakyat Papua Barat,” katanya.

“Kami mendapat dukungan dari tetangga dan saudara lelaki dan perempuan Melanesia di kawasan Pasifik serta di Karibia dan Afrika yang sangat kami syukuri. Dan kami juga mendapat dukungan dari negara lain di seluruh dunia dan kami juga berterima kasih.

Harapan kami di Vanuatu jelas karena negara Anda kecil dalam ukuran dan populasi tetapi hati Anda besar dan kuat dalam pendirian yang Anda ambil sejak kemerdekaan Anda empat puluh tahun yang lalu, bahwa Anda tidak akan merdeka sampai kami juga di Papua Barat merdeka. Ini adalah keyakinan dan keinginan besar yang sangat dihargai oleh West Papua tentang pendirian Vanuatu tentang kebijakan dekolonisasi.”

Mr Waromi datang ke Vanuatu pada bulan Desember 2016 untuk mempertahankan kantor ULMWP di Port Vila. Dia bekerja erat dengan Pastor Alan Nafuki, Ketua Dewan Kristen Vanuatu dan tokoh kunci Vanuatu dalam perjuangan Gerakan Papua Barat untuk kemerdekaan politik.

Dia mengatakan hingga saat ini, ada 79 negara yang mendukung Papua Barat untuk kemerdekaan politik tetapi masih membutuhkan 43 negara lagi di PBB untuk membuat total 120, jumlah yang diperlukan untuk memberikan mandat kepada PBB untuk memberikan Papua Barat a kemerdekaan politik.

“Kami akan terus bernegosiasi melalui diplomasi dan kami yakin kemerdekaan politik untuk West Papua akan segera datang dan pada akhirnya akan datang,” kata Waromi dengan percaya diri.

Bapak Waromi mulai sebagai pejuang kemerdekaan, tinggal di hutan sejak ia berusia 15 tahun dan saat ini menjabat sebagai wakil panglima ULMWP. Dia sekarang berusia akhir 60-an.

No comments:

The Hottest Post×